Saturday, May 12, 2007

Bermain dengan waktu

Tanpa aku sadari aku sudah mengenalkan sedikit konsep mengenai waktu, mereka hanya sering mendengar kata-kata lama, sebentar, jam dan menit. Mungkin mereka belum mengerti secara jelas apa itu konsep waktu, biasanya pada saat mereka menonton TV aku selalu mengingatkan untuk tidak menonton terlalu lama, "TVnya 5 menit lagi dimatikan yah...tidak baik nonton TV terlalu lama, nanti matanya lelah", serentak mereka menjawab "iyaaa......" hi hi hi terkadang geli juga, karena belum sampe 5 menit mereka sudah mematikan TV . Tapi terkadang saat aku dan abinya asyik nonton TV dan mereka berdua main sendiri, tiba2 Aisya atau Danish mematikan TV dan berkata "sudah lama nontonnya...", nah lho....kitanya yang bengong karena acara lagi seru2nya hehehe.

Ketika kumandang adzan terdengar (dari komputer "IslamicFinder"), nah sekarang sudah jam dua siang waktunya sholat Dhuhur, atau ketika saat Aisya dan Danish menemani aku di dapur, mulai deh aku seperti ahli masak yang sedang show di acara TV, "masukkan kue ke dalam oven, panggang selama 15 menit" hehehe. Waktu akan tidur malam juga dimanfaatkan "Sekarang sudah jam 9, waktunya tidur, sudah malam". Tetapi di musim semi ini anak2 agak alot kalu disuruh tidur lebih awal, karena waktu siangnya panjang, pernah Aisya nyeletuk " sekarang belum malam, masih terang...masih boleh main". Akhirnya kuterangkan kalo musim semi siangnya lebih lama (panjang waktunya) dari pada musim dingin, nanti musim panas waktu siangnya paling panjang. ( Aisya diam aja....no comment). Bergiliran mainan juga sebenarnya mereka belajar waktu, ketika salah satu memakai mainan yang diperbutkan aku sering menyuruh mereka memberi waktu selama 10 hitungan untuk bergantian, jadi kalo si adiknya sedang pake mainannya, kakaknya mulai menghitung "satu, dua, tiga...." belum hitungan ke sepuluh biasanya si adik sudah memberikan mainannya, hm....anak2 sukanya berebuuuuut aja.....

Nah dari sebagian penggalan kalimat yang berhubungan dengan waktu dalam aktifitas sehari2 mereka, beberapa waktu lalu aku coba praktekan langsung mengenalkan jam pada Aisya dan Danish, kukenalkan ada dua macam jarum (panjang dan pendek), yang panjang menunjukkan menitnya sedangkan yang pendek menunjukkan waktu jamnya, karena usia mereka masih 2 dan 3 tahun aku kenalkan yang paling dasar saat jarum panjangnya menunjuk ke angka 12, jadi mereka tinggal teriak, "jam 1, jam 2 dst..". Mereka sih senang mutar2 jarum jamnya aja, buat mainan, biasanya permainannya aku bilang "umi mau berangkat belanja jam 4", mereka berdua cepet2an menggerakkan jarum jam ke angka 4 (Aisya sudah tau angka 1-5) kalo Danish asal aja he he (terkadang benar juga, gak tau mengerti benar atau kebetulan saja benar), asyiiiik....yang penting anak2 happy...


2 comments:

Anonymous said...

waa... mas hafizh juga belum lancar tuh baca jam, suka kebalik-balik; setengah lima apa lima setengah? :D

Mieke said...

ha ha ha, kalo Aisya dan Danish mah suka2....masih kacau semua.