Thursday, March 29, 2007

Jalan-jalan ke "Antik Marketnya Tongeren, Belgia"

Hari minggu kemarin cuaca sangat cerah sekali, suhu di luar sekitar 15 derajat celcius, hm...lumayan hangat dan enak buat jalan-jalan. Sekitar jam 11 siang, dengan naik sepeda kita menyusuri kota Tongeren (Kota tertua di Belgia). Dan tujuan utama kita adalah "Antik Markt". Ini juga merupakan salah satu objek wisata di kota Tongeren, sepanjang jalan menuju centrum yang sebelah dalamnya terbentang dinding kuno yang cukup tua, tinggi dan panjang (terkenal dengan nama Gallo Romeins, dibangun masa Roma) sudah penuh oleh barang2 antik yang digelar di pinggir jalan. Karena ramai sekali jalur di sekitarnya ditutup dan dijaga oleh polisi, sepeda pun tidak boleh masuk, jadi khusus buat pejalan kaki untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung menikmati barang2 antik yang unik2. Akhirnya kita parkir sepeda kita, dan jalan untuk "cuci mata" saja he he he sambil bikin liputan.

Kalo yang mempunyai jiwa seni cukup tinggi dan hobby berburu barang antik, pasti bisa betah dan berlama-lama memandangi setiap barang yang ada di sini, ada setrika jaman kuno yang terbuat dari baja (dijual 7,5euro), trus "globe" model lama, boneka-boneka jaman dahulu (hiiii....serem liatnya kayak yang hidup gitu), apalagi lukisan2 jaman dulu...(he he he akunya memang penakut). Jam dinding atau jam meja yang terbuat dari batu pualam, ukiran cermin yang unik, aneka meubel, lampu hias dan banyak lagi...
Seruuu.....tapi herannya kadang barangnya itu terlihat sudah tuaaaaa dan jeleee...k (penyangatan nih he hehe) kok masih dijual yah? apa ada yang mau beli gitu? eh...baru membatin...ternyata ada juga lho? bingung aku, mungkin semakin tua semakin mahal kandungan "history"nya yah????

Setelah puas jalan-jalan, kita pulang deh. Hm...anak-anak cukup menikmati juga, sepanjang jalan tidak berhenti bertanya.."itu apa? buat apa? Kenapa.....bla..bla...bla....
Dan satu lagi..di sini anak-anak jadi terbiasa jalan, mereka kuat lho jalan...dan gak minta gendong...baguslah sambil orah raga :)

5 comments:

Anonymous said...

Halo Miek, apa kabar? Semoga semua baik2 aja ya.
Btw, ada lho sobatku juga yang bakal pindah ke Jerman dalam waktu dekat.Saya udah kasih tau juga kalo Mieke & Keluarga ada disana. Cuma mereka tinggalnya di daerah yang berbahasa Prancis, di Namur. Suaminya asli Belgia. Selama ini mereka tinggal di Inggris..
Nanti bisa ketemuan deh ama mereka:)

*Nisa

Anonymous said...

Sorry Miek, bukan Jerman. Maksudnya Belgia:) lagi error nih:D

indwi said...

halo juga Mieke, gimana kabarnya? Baik-baik semua kan?
Gak nyangka lho, Mieke pinter nulis, kita yang mbaca jadi serasa ikutan pergi ke antik market..
Bisa-bisa ntar semua tulisan Mieke bisa dijadiin buku..
Salam sayang Mieke yunior dan Hafidztio yunior

Mieke said...

ok deh kak nis, boleh tau emailnya? dan namanya siapa?

Mieke said...

ha ha ha padahal dulu paling benci pelajaran mengarang, salam juga buat anak2