Friday, February 16, 2007

Dua acara yang menarik


Acaranya sih sudah berlangsung 2 minggu yang lalu, belum sempet ditulis karena waktu itu belum bikin blog he he he. Tepatnya sabtu, 3 Februari 2007, jam 5 sore waktu Belgia. Ada 2 event yang harus dikunjungi dalam waktu yang bersamaan, yang pertama acara Italiaanse avond dan yang kedua acara PERSPECTIEF (seperti malam budaya Indonesia). Inginnya bisa menghadiri kedua acara tersebut karena sama-sama menarik, tapi gak bisa karena waktunya bersamaan, akhirnya aku, Aisya dan Danish hadir di acara Italiaanse avond acara di sekolah Aisya semacam gathering-lah antara ortu atau family dengan pihak sekolahan, acaranya makan-makan menu Italy (sphageti dan kaasschootel). Untuk satu porsi sphageti kecil harganya 4 euro sedangkan kaasschootelnya 1 porsi 6 euro (note: 1 euro = 11 ribu s/d 12 ribu rupiah).


Hm...acaranya cukup meriah, sekolah Aisya punya restoran yang lumayan besar, bersih dan bagus (biasa dipakai utk makan siang kelas SD-SMA, sedangkan utk playgroup ada ruangan sendiri), murid2nya yang jadi pelayannya, mereka menawarkan menu dan aneka minum yang bisa dipesan, kemudian di tengah-tengah acara mereka menari dengan lagu khas Belgia (iramanya agak salsa). Wah...ketika sphageti dan kaasschootelnya dihidangkan, alamaak....anak-anak langsung menyerbu, untuk sphageti anak2 suka sekali, tapi untuk kaasschootel kayaknya bukan seleraku dan anak2 he he he (karena waktu pesan dalam bayanganku itu seperti makaroni schootel he he, ternyata beda jauuuuh). Jadi isinya potongan roti kecil-kecil (khas kayak di Pizza hut, tapi gak gurih hambar rasanya), trus keju berbentuk roti bolu padat yang sudah dipotong2 menjadi 6 bagian dengan variasi yang berbeda, ada yang atasnya dilapisi coklat, ada yang dilapisi creme putih, dan buah-buahan anggur, melon dan cery (orang sini makan keju kayak makan krupuk aja sih). Ya...aku dan anak2 hanya makan beberapa potong roti dan satu potong keju...sudah kenyang...akhirnya sisanya aku bawa pulang aja...he he he.

Jam 18.30 aku siap-siap mau pulang, karena takut kemaleman dan jam segitu di sini sudah gelap dan sepi, apalagi weekend, malah sepiii termasuk transportasi bus (maklum orang sini kalo weekend bener2 utk istirahat, jarang pergi2). Pas sudah siap mau pulang, eh kepala sekolahnya mau nganter pulang naik mobilnya, aduh...sungkan nih.., tapi sehari sebelum acara ini aku ketemu kepala sekolah Aisya sewaktu mengantar Aisya sekolah, dan dia bilang mau nganter pulang biar gak kelamaan di jalan (cuma 8 menit kalo naik mobil), kirain waktu itu kepala sekolahnya cuma basa-basi, eh ternyata beneran mau nganter he he he, ya sudah akhirnya aku dan anak2 diantar pulang ke rumah (abinya sebelumnya sudah kuceritain, dan menyarankan menerima tawarannya karena dari pada nunggu bus lama, anak2 keburu kedinginan) makasih...makasih...baik banget tuh kepala sekolahnya.

Nah kalo abinya hadir di acara kedua, yaitu acara PERSPECTIEF (semacam malam budaya Indonesia) (clip di youtube )yang diselenggarakan di kota Hasselt, Belgium. Acaranya dibuka langsung oleh walikota setempat. Abinya wajib hadir karena abinya kebagian motong pita, dengan memakai blangkon, kain jarit dan baju khas jawa. Gak ketinggalan si Adji juga sama pake baju seragam kayak abinya. Acara berlangsung cukup meriah, ada fashion show, baca puisi, tarian daerah dan aneka seni Indonesia lainnya. Penonton cukup padat, tidak hanya orang indonesia yang tinggal di Belgi aja yang nonton, tapi juga orang dari negara lain dan Belgia sendiri. Acara berjalan sangat sukses meskipun aku hanya bisa liat dari cuplikan2 videonya.

O...iya rumahku kedatangan teman2 Indonesia yang kebetulan lagi berada di wilayah Belgi dan Belanda ( namanya Lily, Fany, Fany, Atik, Prisya dan Aulia), dua diantaranya anak AFS (pertukaran pelajar SMA), mereka berasal dari Palembang (Prisya) dan Semarang (Aulia). Mereka semuanaya nginap di rumahku, seru dan asyik juga rumah jadi rame, dan yang pasti....Indonesia banget gitu lho he he he.


No comments: