Saturday, February 24, 2007

Rebutan, nangis, ketawa lagi....

Uups.....mendidik anak butuh kesabaran yang luar biasa, kadang badan sudah panas dingin rasanya (kepala serasa berasap he he he), hm...kalo gak pandai-pandai mengontrol emosi bisa runyam jadinya. Aku relatif sering pada keadaan dimana aku harus tahaaaaan emosi, tiada hari tanpa rebutan dan nangis, itu sudah menjadi menu sehari-hari Aisya dan Danish. Berbagai cara sudah kucoba untuk mensiasati dan mencari solusi disaat acara rebutan terjadi. Aku berusaha untuk objektif dalam artian tidak selalu memenangkan si kecil (adiknya), kalo barang atau mainan yang diperebutkan memang milik kakaknya , maka Danish harus mengembalikannya atau minta ijin untuk pinjam, hm...tidak mudah memang tapi mereka belajar untuk meminta ijin terlebih dahulu sebelum memakai barang yang bukan miliknya serta belajar berbagi dan bermain bersama atau pakai aturan gantian, tapi ini kadang repot juga utk mementukan siapa yang lebih dulu, pusiiiing...pusiiiing...belum lagi ditambah acara nangisnya, tapi setelah itu mereka cepat akur dan ketawa bareng lagi he he he. Kadang acara main sampe di pisah, Aisya di ruang tamu dan Dansih di ruang tengah, tapi tetep aja tidak berapa lama mereka saling nyariin satu sama lain, ketemu ketawa lagi deh. Makanya setiap pagi setelah sholat shubuh aku berusaha untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai semua aktifitasku selama sepanjang hari itu, biar lancar, dibantu Allah dalam menjaga anak2 dan semua urusan(semuanya kan dalam pengawasan Allah), berlindung dari rasa marah dan satu lagi berharap mendapat ridha Allah, amien.....

Kalo lagi akur aktifitas main bisa berjalan dengan mulus, kalo kakaknya main boneka, Danish ikutan main boneka, atau kalo main masak2an Danish ikutan juga, pura2 nyuapin boneka2nya atau pura2 mandiin dan makein baju si boneka beruangnya. Begitu juga kalo Danish lagi asyik nyusun mobil-mobilannya, Aisya juga ikutan nimbrung, atau bikin jalanan lengkap dengan rambu2nya. Jadi hampir semua aktifitas yang mereka lakukan sama, memang seperti itu kali yah....selalu sama aja maunya :)

4 comments:

Anonymous said...

Hahha, namanya anak2 ya Miek:)kayaknya dimana2 sama deh..ponakan2ku juga gitu.
Bentar akur, bentar berantem. Kalo ada mereka, pala rasanya 'berasap', tapi kalo ga ada mereka rumah rasanya sepiii sekali :)

*Nisa

Mieke said...

iya kak nis, kadang kalo gak bisa ngontrol marah, terakhirnya aku nangis sesenggukan, menyesal....

nenny riana said...

aih, anak2 sih dimana2 sama aja. padahal, yakin deh, yang bikin nangis itu kalo rebutan sesuatu... padahal, mainannya juga bejibun, kenapa juga mesti rebutan.
tapi wondernya, dalam sekejap mereka bisa langsung akur lagi ya :)

Anonymous said...

sama aja mbak...kalo gak rebutan rasanya kurang asyik kali ya. gak cuman mainan, yang sepele kayak air putih aja bisa jadi obyek rebutan hihi...tapi kalo yang satu lagi keluar ma ayahnya, mesti deh yang lain nungguin, kok akmal lama ya bu ya?..haha..*nunung*