Wednesday, February 28, 2007

Baca...baca...baca...!



Baca buku yuk...! itu adalah ajakan sehari-hari Aisya dan Danish. Memang sudah menjadi tekadku untuk menumbuhkan minat baca sejak dini, karena membaca adalah jendela dunia, kalo anak gemar membaca insyaAllah mereka akan mudah memahami sesuatu. Dari mulai mereka masih di dalam kandungan aku sering bacakan cerita, trus dulu waktu masih usia satu tahunan lah sempet agak putus asa, karena setiap aku bacain cerita Aisya atau Danish kayak yang cuek aja (hm...apa akunya yang kurang menarik gaya berceritanya ya?). Eh...ternyata sekarang aku dibuat kewalahan sama minat baca mereka, suara sampe serak rasanya. Dan jujur aja kadang bosan juga karena buku yang mereka minta dibacakan itu lagi -itu lagi...yang lain kenapa he he he. Ternyata memang anak kecil suka sesuatu yang diulang2, mereka dalam proses belajar dan hasilnya luar biasa...kadang aku yang sering bacain aja gak hapal banget, eh mereka malah hapal, terkadang halaman buku baru mau dibalik mereka sudah mendahului kata yang akan muncul di halaman berikutnya he he he (malu sendiri aku, yang gedhe malah susah hapalnya).

Acara membaca menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan, kadang aku memberi pilihan mau dibacain atau baca sendiri? kalo mereka pilih baca sendiri maka aku tanya "mau baca buku yang mana?", terkadang mereka tidak langsung menjawab judul bukunya tapi mendiskripsikan apa yang ada di bukunya, misalnya "Aisya mau baca yang ada kumannya, yang uminya lagi nyapu", trus aku respon "O...buku yang judulnya Kehidupan Sehari-hari" (buku Widya Wiyata Pertama Anak-Anak dari Time Life), atau terkadang "umi aku mau baca buku yang warnanya pink, ada een, twee ,drie...", aku respon lagi " Itu judul bukunya Tellen (berhitung)". Lama-lama mereka hapal judul bukunya, hal yang sama aku lakukan pada Danish.

Jadi sebelum acara membaca buku dimulai mereka selalu terlebih dahulu membaca judul bukunya sambil telunjuknya menunjuk ke tulisannya (he he he karena aku selalu memberi contoh seperti itu). Hasilnya anak-anak lumayan hapal judul buku miliknya. Jadi sekarang kalo ditanya mau baca buku apa, mereka sering langsung menyebutkan judul bukunya, Danish juga tapi masih yang judulnya satu atau dua kata dengan bahasanya yang masih belum jelas sekali, ngomongnya diambil kata belakang2nya saja he he he, gemesiiiin.

Acara baca buku dimulai, aku baca bukuku sendiri, abinya belajar mau ujian he he he, anak-anak baca buku pilihannya sendiri-sendiri. Tapi kalo minta aku yang bacain...hm..kadang mereka berebut minta pangku, dan dua2nya aku pangku sambil mulai deh acara membacanya, tapi kalo buku yang ingin dibaca mereka berbeda, mulai deh acara berebut dan tangisannya, maunya sama-sama ingin dibacain buku mereka dulu, tapi kalo ada abinya aman... satu-satu, Aisya sama aku dan Danish sama abinya :)

5 comments:

Anonymous said...

waaa...asyik ya mbak...membaca jadi acara tersendiri. jeleknya aku, kadang sudah capek habis pulang sekolah, anak-anak gak mendapat hak yang seharusnya mereka terima dari seorang ibu. huhuhu...jd sedih deh. makasih ya saharing ceritanya. mo semangat lagi neh..*nunung*. btw, aku mo buat account blog jg tp kok susah ya soalnya dari sini tulisan keterangannya jadi berubah kriting semua mbak..hehe..

Mieke said...

iya mbak kadang kita merasa sangat bersalah kalo gak bisa kasih perhatian lebih pada anak, jd ingat waktu aku kerja di JKt dl, plg kerja kadang anak2 sdh tidur :(
Tapi mbak kan punya tanggung jawab lebih berat selain sekolah jg ngurus RT, salut deh....
BTW aku mo kirim comment ke video Akmal dan Aqil juga gak bisa, seneng liat pementasan mereka...jadi pingin ke Jepang nih...:)

Anonymous said...

he...he... akhirnya bukan aku aja yang kelimpungan dengan teriakan..bunda aku mau baca buku dong, yang bagus ya....alhamdll..minat baca anugrah terindah yang kita miliki tumbuh terus... Ya Allah moga kita terus komitmen dengan ini ya...

Mieke said...

Thanks bgt ya mbak....
mbak Apry ini teman sekerja dan sobatku yang paling concern sama pendidikan anak....

shanti dwita said...

hai mbak mieke... dapet link blog ini dari comment mbak di wall-nya mbak kiky-ichal... nice content...aku mesti follow nih