Monday, February 19, 2007

Senengnya nonton karnaval


Mau tau karnavalnya di Belgia? yuk....baca di sini, acara karnaval ini berlangsung hampir bersamaan di penjuru kota di negara Eropa, dan beberapa negara di bagian Amerika Latin. Sampai-sampai ada schoolvakantie-nya selama satu minggu yang namanya krokusvakantie. Ada rasa penasaran bagaimana ya..kostum-kostumnya, langsung terbayang acara karnaval di Indonesia..hm..kalo di Indonesia kan kaya akan kebudayaan daerah, nah kalo di sini apa yah?
Begitu bersemangatnya "aku" pingin liat karnaval, Aisya dan Danish aku beliin juga baju karnaval, orang2 banyak juga yang belanja baju atau pernak-pernik untuk karnaval, baik anak2 sampai ke kakek2 dan nenek2. Aisya aku beliin baju bunga, dan Danish aku beliin baju lebah plus peralatan make-up untuk melukis wajah he he he niat banget yah.

Sabtu, 17 februari 2007 acara karnaval di tempat aku tinggal (Tongeren) adalah untuk anak2. Aku, abinya dan anak2 datang ke centrum agak telat, jadi sudah mau berakhir. Ternyata selama mereka ber-parade sepanjang jalan yang mereka lalui mereka melempar permen, coklat, kue, pop corn, snack, maianan, bola dan guntingan2 kertas kecil ke arah penonton, nah mulai deh acara berebut permen dan pernak-pernik lainnya dimulai (ternyata orang bule rebutan juga he he he). Karena aku datengnya telat jadi cuma kebagian sedikit permen, mainan pistol2an buat danish, kotak pensil, penggaris dan pop corn. Orang2 pada dapet sampe satu kantong plastik gedhe. Anak-anak senang sekali melihat aneka macam kostum binatang, badut, bajak laut, kerajaan, spider man, ya...kebanyakan tokoh2 kartun anak2 dengan diiringi musik yang riang dan drum-band. Hm...aku bingung sendiri baju adat orang sini apa yah he he he, yang khas paling kostum model kerajaan dengan rambut putihnya yang keriting, dan topi yang antik, bagus juga....

Minggu, 18 februari 2007, kita berencana mau ke kota Maastrich, Belanda. Perayaan karnaval yang paling terkenal dan terbesar adalah di kota ini dan Koln (Germany). Kalo Maastrich tidak jauh dari tempat tinggalku, waktu tempuh dengan bus cuma 40 menit. ada peraturan kalo masuk wilayah centrum-nya harus berkostum karnaval juga. Eh...tapi akhirnya kita gak jadi pergi karena Danish agak kurang enak badan, batuk dan agak demam badannya. Akhirnya abinya bilang aku dan Aisya aja yang pergi nonton karnaval di Tongeren aja, sebetulnya aku sudah hampir tidak mau pergi karena khawatir Danish, tapi abinya bilang dia bisa meng-handle "sudah umi aja yang pergi kan belum pernah tau yang karnaval dewasanya kan?". Ya sudah aku pergi bersama Aisya dengan naik sepeda. Karena banyak jalanan yang sudah ditutup, aku parkir aja sepedaku diantara parkiran mobil (untungnya gak disamperin polisi karena markir sepeda ontel di parkiran mobil he he he). Karnaval sudah berlangsung separuh jalan, aku menyusuri jalan dan berusaha ambil di barisan depan, biar jelas liat paradenya dan mudah dapet hadiahnya he he he, akhirnya tidak sia2 juga hari itu Aisya dapat boneka Anjing, Jerapah dan Beruang bagus2, trus buah apel (sebagian dikasih kakek2 yang berdiri di sebelah kami he he he), gantungan kunci, saputangan dan tentu saja permen dan roti. Karnaval orang dewasa lebih bervariasi, ada yang dandan ala mesir, Indian, tokoh kartun Tintin, Jepang, makhluk luar angkasa (alien), dan banyak lagi. Tidak lebih dari 2 jam aku sudah pulang ke rumah, gak tenang juga kasihan Danish, ternyata sesampainya di rumah Danish masih tidur pulas, lega deh.
Hari ini, senin 19 Februari perayaan karnaval terbesar di wilayah German berlangsung di kota Koln, aku, abinya dan anak2 ngikutin dari siaran TV saja, lebih banyak lagi variasi kostum dan dekorasi paradenya. Hm...menyenangkan juga melihat karnaval di negri orang.

3 comments:

Anonymous said...

seruuu!
asyik banget deh ngbayanginnya,
jadi tambah pengen kesana :-p

btw, dikau umur berapa sih Jeng? aku sudah 32
(hehe...pengen tauuu ajah, abis kagok dipanggil mbak :D)

Mieke said...

umur 29 mbak he he he

nenny riana said...

haduh, meuni enak banget kalo di europe... kesana dikit udah lain negara, beda kalo di oz... biar kata perjalanan udah 4 jam, masiiiih aja di victoria :(